Gangguan Oral Motor Pada Bayi Prematur

Gangguan Oral Motor Bayi Prematur Dengan Gangguan Bicara, Gangguan mengunyah dan Menelan.

GANGGUAN ORAL MOTOR YANG SERING DIALAMI BAYI PREMATUR

  • Bicara terburu-buru, cadel, gagap.
  • Keterlambatan bicara.
  • Sering timbul ngeces atau drooling (keliar air liur berlebihan)
  • Picky Eater (pemilih makanan) terjadi akibat gangguan GANGGUAN MENELAN DAN MENGUNYAH, tidak bisa  makan makanan berserat tertentusapi, sayur nasi) . Biasanya yang lebih disukai adalah telor, mi, nugget dan makanan yang crispy seperti krupuk atau makanan yang renyah lainnya. Tidak suka makanan yang lengket atau berbau tajam.
  • Pada bayi anak sulit minum atau minum hanya sedikit atau memakai sendok sulit memakai dot.
  • Pada anak tampak dengan gejala makan yang sangat cepat tanpa dikunyah.
  • Sulit untuk menggosok gigi.
  • Gangguan meniup
  • Disertai keterlambatan pertumbuhan gigi.

Bayi prematur terutama dengan gangguan hipersensitif saluran cerna (khususnya yang sering muntah dan mual) sering mengalami gangguan pergerakan motorik otot mulut (gangguan oral motor). Berbagai gangguan yang dialami adalah gangguan bicara, keterlambatan bicara, gangguan mengunyah dan menelan. Berbagai gangguan tersebut dapat dilakukan penanganan dengan pendekatan intervensi diet hipersensitif makanan. Intervensi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan terapi oral motor.

“Motor Oral” telah didefinisikan dalam berbagai cara dalam literatur ilmiah.  Berbagai strategi dan tehnik telah dilakukan dalam teknik stimulasi terutama, seperti menyikat (pijat tekanan), picing (stimulasi termal), peregangan cepat (penyadapan), dan getaran (manual dan mekanis). Strategi ini telah digunakan untuk mempersiapkan area otot untuk gerakan.  Strategi ini tidak dapat mengubah rentang pergerakan otot atau kekuatan otot tanpa gerakan otot tambahan.  Teknik oral motor yang lainnya memerlukan kerjasama individu untuk mengikuti perintah untuk menyelesaikan gerakan.

Intervensi ini khusus yang memberikan bantuan gerakan untuk mengaktifkan kontraksi otot dan untuk memberikan gerakan terhadap perlawanan untuk membangun kekuatan. Fokus intervensi ini adalah untuk meningkatkan respons fungsional terhadap tekanan dan gerakan, jangkauan, kekuatan, dan pengendalian berbagai gerakan bibir, pipi, rahang dan lidah.  Intervensi yang diperlukan ditentukan oleh penilaian kemampuan oral motor. Perangkat yang dilakukan adalah dengan menggunakan gerakan dibantu dan refleks peregangan untuk mengukur respon terhadap tekanan dan gerakan, jangkauan, kekuatan, dan kontrol berbagai gerakan untuk pipi bibir, rahang, lidah dan langit-langit lunak. Penilaian ini didasarkan pada parameter fungsional didefinisikan secara klinis kompetensi minimal dan tidak memerlukan partisipasi kognitif individu.Karena komponen-komponen gerakan yang fungsional, bukan usia tertentu, protokol berguna dengan berbagai usia dan kategori diagnostik.

Keterampilan motorik oral sangat penting untuk fungsi-fungsi dasar yang terjadi bahkan ketika kita tidur, seperti mengendalikan sekresi, menelan, dan menjaga keselarasan struktur oral sehingga pernapasan yang tidak terganggu.. oral motor ketrampilan dasar kelangsungan hidup dampak seperti mengisap dan menelan dengan bayi yang mulai dengan bulan ketiga kehamilan. Pengembangan keterampilan ini meningkatkan perkembangan dari ASI atau susu formula, lalu ke makanan bubur, dan pada meja makanan, serta keterampilan yang diperlukan untuk kemajuan dari mengisap puting, untuk menggunakan berbagai peralatan, termasuk sedotan, cangkir, sendok, dan garpu. keterampilan oral juga berdampak pada kontrol yang diperlukan untuk perkembangan bicara, dari memproduksi berdekut suara sebagai bayi, untuk mengartikulasikan kata-kata kompleks dalam pidato percakapan.  oral keterampilan motorik yang buruk dapat mengakibatkan berkurangnya pengembangan keterampilan atau tertunda untuk daerah yang tercantum di atas.

Keterampilan motorik oral dipengaruhi oleh banyak hal yang berbeda di bagian luar dan di bagian dalam tubuh.  Posisi dan penyelarasan tubuh mempengaruhi gerakan lisan. Bagaimana peringatan individu juga mempengaruhi keterampilan oral.  Karena itu, banyak profesional berperan dalam meningkatkan keterampilan motorik oral.  Pendekatan terapi oral motor adalah berbagai rangkaian intervensi mulai dari menilai kemampuan motorik oral, rencana intervensi oral motor dibutuhkan dan bekerja sama dengan anggota tim lainnya: pemberi perawatan, terapi okupasi, terapi fisik, ahli diet, guru, psikolog, dokter, perawat, apoteker dan lainnya sesuai kebutuhan.

supported by

CLINIC FOR CHILDREN Yudhasmara Foundation www.clinic.forchild.wordpress.com/ WORKING TOGETHER SUPPORT TO THE HEALTH OF ALL CHILDREN BY CLINICAL, RESEARCH AND EDUCATIONS.  Advancing of the future pediatric and future parenting to optimalized physical, mental and social health and well being for fetal, newborn, infant, children, adolescents and young adult

Email : judarwanto@gmail.com JL Taman bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210  Phone : (021) 70081995 – 5703646

Clinical –  Editor in Chief :

Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2012 Clinic For Children   Information Education Network. All rights reserved

One thought on “Gangguan Oral Motor Pada Bayi Prematur

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s